Rabu, 25 Februari 2015

Tentang Lari Estafet atau Lari Sambung

Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara begantian. Satu regu pelari sambung terdiri dari 4 orang pelari. Dalam pelombaan lari sambung pelari berlari dengan kecepatan penuh dengan memindahkan tongkat ke pelari berikutnya. Perpindahan tongkat harus berada di dalam daerah yang disebut zona panjang 20 m. perpindahan tongkat diluar zona tersebut regu dinyatakan gagal atau diskualifikasi.

Cara Pengoperan tongkat dilakukan dengan dua cara yaitu:
>>>Tanpa melihat (nonvisual): cara ini penerima tongkat estafet tanpa menoleh kepada si pemberi tongkat. Cara ini digunakan untuk lari sambung 4 x 100m
>>>Dengan melihat (visual): Cara ini si penerima tongkat estafet menoleh ke belakang, melihat kepada pemberi tongkat. Cara ini digunakan pada lari sambung jaraknya lebih dari 100m, terutama pada 4 x 400m.
Ò  Lari estafet di mulai dari bangsa Aztek atau Romawi , Inka dan Maya yang bertujuan untuk meneruskan sebuah berita atau pesan . Lari estafet bagi pria pertama kali di selenggarakan pada olimpiade tahun 1912 di Stockholm , sedangkan estafet bagi wanita baru di ikut sertakan pada olimiade tahun 1972.
Ò  Lari sambung pada dasarnya adalah melakukan gerak lari secepat mungkin dengan membawa tongkat. Pada lari sambung terjadi perpindahan tongkat
Lari sambung dilakukan oleh 4 pelari dalam satu tim. Pelari pertama melakukan gerakan start jongkok, dan lari sampai pada batas tertentu, kemudian diteruskan oleh pelari kedua, yang berlari pada batas tertentu yang sama jauhnya dengan pelari pertama. Pelari kedua diteruskan oleh pelari ketiga, pelari ketiga diteruskan oleh pelari keempat. Start pada pelari kedua hingga keempat adalah start melayang. Pelari keempatlah yang pada akhirnya akan memasuki garis finish pada lari jarak pendek. Pada pergantian/persambungan pelari, dari pelari satu ke pelari dua, dari pelari dua ke pelari tiga, dari pelari tiga ke pelari empat, terjadi serah terima tongkat estafet.
TEHNIK LARI ESTAFET :
  1.  Tehnik pemberian tongkat estafet : pemberian tongkat  dari bawah, dan pemberian dari atas
  2. Teknik penerimaan tongkat :dengan cara melihat { visual/sigh pass }dan cara tidak melihat { non visual/blinnd pass}
Jika diperlukan batas ukuran lapangan akan dibentuk untuk setiap balapan di fixture...sesuai dengan Bagian 6 untuk membuat deklarasi untuk menjalankan, ukuran lapangan...5.3 Proses ini akan berlanjut dengan setiap perlombaan
Peraturaan permainan nya yaitu :panjang di pergantiannya tongkat estafet adalah 20 meter,lebar 1.20 mter dan bagi pelari estafet 4x100m di tambah prazona .
                Prazona adalah suatu daerah tempat pelari yg akan berangkat dapat memprcepat larinya,tetapi tidak terjadi pergantian tongkat.
                Pelari 1 dan 3 dalam lari estafet hendaknya pelari yg mengusai tokungan,sedangkan pelari ke 2dan 4 mrupakan pelari yg mempunyai daya tahan yg baik .
                Tongkat estafet harus berongga dengan panjang 28-30cm diameter garis tengah 38mmdan beratnya 50gram .
sumber : http://persatuandukunboongan.blogspot.com/2014/02/tentang-lari-estafet-atau-lari-sambung.html

0 komentar: